Bingung, Pilih Laravel atau Codeigniter?Atau Sejenisnya

Laravel atau Pilih Codeigniter? - Berbicara dalam pilihan terkadang kita suka bingung dan dilema untuk memilihnya, artikel ini bertujuan untuk mendapatkan pilihan yang tepat mengenai pemilihan framework untuk project kita, mari kita bahas, tapi disini saya hanya membahas 2 framework saja dikarenakan dua jenis tersebut sedang popular di masa kini.

Laravel atau Codeigniter?

Laravel

Laravel adalah framework PHP yang menawarkan keindahan kode disetiap barisnya, selain itu juga framework ini menawarkan untuk anda yang memang mengelola big data dan big project.

Dalam project skala besar Laravel cukup sangat memudahkan kita dalam melakukan update fitur ataupun maintenance website secara cepat, selain itu juga keamanan bawaan yang sudah cukup kuat sehingga kita tinggal mengembangkan lebih lanjut lagi mengenai keamanan sistem tersebut.

Laravel juga dilengkapi dengan perintah "PHP ARTISAN" ini tentu untuk mempermudah kita dalam melakukan pembersihan cache, pembuatan controller dan model, melakukan migrasi database, sehingga memang benar cocok bagi anda yang bermain di project besar.

Apakah hanya project besar saja yang dapat menggunakan Laravel? tentu tidak, project kecil pun boleh untuk menggunakan framework ini, namun disisi lain jika digunakan dalam project kecil, anda tidak akan merasakan kedahsyatan framework ini.

Untuk pilihan project kecil, anda bisa memilih framework di bawah ini, yang di rancang sedemikian rupa agar tetap kompetibel.

Codeigniter

Codeigniter adalah sebuah framework yang didirikan oleh EllisLab, Inc. Merupakan sebuah framework yang sangat mudah digunakan bagi para pengguna awal bahkan menjadi framework terfavorit karena kemudahan dalam menggunakannya.

Ada beberapa kelemahan di framework ini yaitu, tidak di anjurkan untuk pembuatan project skala besar, karena kita akan sulit untuk mengatur Route yang pada dasarnya route di Codeigniter sudah automatis dengan nama Controller yang kita buat.

Framework ini tetap menjadi populer karena framework ini pun dilengkapi dengan fitur keamanan bawaan yang sudah banyak diperbaharui, jadi anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan Codeigniter.

Baru-baru ini, Codeigniter versi 4.x sudah ada di Github untuk Source Codenya, versi ini sangat beda jauh sekali dengan versi sebelumnya, versi terbaru dari CI menggunakan Namespace dimana Laravel sudah menggunakan ini terlebih dahulu.

Kesimpulan

Apapun framework yang kita pilih, itu tergantung bagaimana kita memaksimalkannya, sehingga menjadi sangat powerfull, pilihlah sesuai dengan kebutuhan kita. Saya rasa cukup sampai disini mengenai pembahasan kedua framework populer tersebut.

Terima kasih, jangan lupa untuk dibagikan artikel ini, agar orang dapat memilihnya secara tepat.

0 Response to "Bingung, Pilih Laravel atau Codeigniter?Atau Sejenisnya"

Post a Comment